PWI Kutai Kartanegara Rayakan HUT RI ke-79 dengan Lomba E-Football dan Tradisional

PWI Kutai Kartanegara Rayakan HUT RI ke-79 dengan Lomba E-Football dan Tradisional

Kabar Kutai Kartanegara Hari Ini
21 Agustus 2024


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kutai Kartanegara (Kukar) telah menyiapkan serangkaian acara meriah dengan tema "Merdeka Bersama Pers". Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 20 hingga 24 Agustus 2024 dan melibatkan berbagai lomba yang menarik, mulai dari turnamen e-Football dan PUBG hingga permainan tradisional yang menghibur.

Ketua Panitia, Angga Triandi, menyampaikan bahwa panitia berkomitmen menggabungkan unsur tradisional dan modern dalam perayaan tahun ini. "Untuk lomba tradisional kita adakan makan kerupuk, masukkan paku ke dalam botol, masukkan benang ke dalam jarum, kait kawat, dan lomba kelereng," kata Angga pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Lomba e-Football dan PUBG akan diadakan terpusat di Gedung Mahakam Gerbang Raja Migas (MGRM), sementara lomba-lomba tradisional berlangsung di Gedung Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kukar. Pendekatan ini merupakan upaya untuk menjaga keseimbangan antara kemajuan teknologi dan pelestarian kearifan lokal. "Alasannya, perkembangan zaman yang ditandai pesatnya aplikasi teknologi, tak boleh membuat kita melupakan kearifan lokal. Tradisi lomba tradisional bisa memupuk kegembiraan lewat interaksi sosial secara langsung dan menjadi oase di tengah permainan gawai yang bersifat impersonalitas," ungkap Angga.

Lomba ini tidak hanya melibatkan kalangan wartawan, tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum. Total ada 72 peserta dalam 18 tim untuk lomba PUBG, 20 peserta dalam turnamen e-Football, dan 40 wartawan mengikuti lomba tradisional.

Dukungan dari berbagai pihak turut memastikan kelancaran acara ini. Beberapa sponsor utama yang berperan adalah PT MGRM, Bankaltimtara, Pemkab Kukar, Esport Indonesia (ESI) Kukar, Polres Kukar, Polsek Loa Kulu, PDAM Tirta Mahakam, KORMI Kukar, dan Cafe Royal.

Wakil Koordinator Bidang SIWO, Fairuz Abadi, mewakili Ketua PWI Kukar Bambang Irawan, mengingatkan seluruh peserta untuk menjaga sportivitas selama lomba. "Ini juga bagian dari upaya kami para pengurus PWI untuk selalu mempererat silaturahmi. Bagi yang bertanding, semangat dan sportif," pesan Fairuz.

Acara ini resmi dibuka oleh Plt Kepala Diskominfo Solihin, yang diwakili oleh Bidang PKP, Sofyan Agus. Dalam sambutannya, Sofyan mengapresiasi PWI Kukar atas penyelenggaraan lomba ini. "Momen yang ditunggu-tunggu masyarakat selain detik-detik proklamasi, juga keseruan lomba-lombanya, untuk sekalian melepas ketegangan setelah bekerja setiap hari," ujar Sofyan.

Dengan rangkaian acara yang beragam ini, PWI Kukar tidak hanya merayakan HUT RI ke-79, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar sesama wartawan dan masyarakat luas melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan dan bermanfaat.