Polres Kutai Kartanegara Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 untuk Pengamanan Pilkada Serentak

Polres Kutai Kartanegara Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 untuk Pengamanan Pilkada Serentak

Kabar Kutai Kartanegara Hari Ini
24 Agustus 2024


Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan apel pasukan "Operasi Mantap Praja Mahakam Tahun 2024-2025" sebagai persiapan pengamanan Pilkada serentak yang akan berlangsung tahun depan. Apel ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Kartanegara, AKBP Heri Rusyaman, dan digelar di Lapangan Parkir Stadion Rondong Demang, Tenggarong, pada Jumat, 23 Agustus 2024. Kegiatan ini menandai dimulainya operasi dengan penyematan pita kepada anggota pasukan.

Apel pasukan ini diikuti oleh berbagai elemen yang terdiri dari para Pejabat Utama (PJU) Polres Kukar, jajaran Kapolsek Kukar, perwira Polres Kukar, serta sejumlah peleton dari Kodim 0906/KKR, Sat Lantas, Sat Samapta, Gabungan Satintelkam dan Satreskrim, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Palang Merah Indonesia (PMI). Kehadiran berbagai elemen ini menunjukkan sinergi yang kuat antar instansi untuk memastikan kelancaran dan keamanan Pilkada 2024.

Selain itu, kegiatan apel juga dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar, Asisten I Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Ahmad Taufik Hidayat, Ketua DPRD sementara Farida, beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kukar, Ketua KPU Kukar Rudi Gunawan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kukar, serta para Ketua Partai Politik. Kehadiran para pimpinan daerah ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak dalam menjaga keamanan selama proses Pilkada.

Dalam arahannya, Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Heri Rusyaman menekankan pentingnya Pilkada serentak 2024 sebagai bukti kematangan demokrasi Indonesia sekaligus sebagai penentu masa depan bangsa. "Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden RI Joko Widodo bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Itu merupakan pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita. Melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pilkada 2024," tegas Heri.

Untuk mengamankan jalannya Pilkada 2024, Polri bersinergi dengan TNI, kementerian/lembaga, instansi terkait, dan mitra keamanan lainnya melalui Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025. Operasi ini direncanakan berlangsung selama 126 hari, mulai dari 26 Agustus hingga 16 Desember 2024, dan melibatkan 635 personel Polres Kukar serta satuan bantuan dari Polda Kalimantan Timur dan instansi lainnya.

Operasi ini akan didukung oleh pusat kendali, koordinasi, komunikasi, dan informasi (K3I) yang terintegrasi dari tingkat Mabes Polri hingga Polda dan Polres jajaran. AKBP Heri Rusyaman menjelaskan bahwa pusat kendali ini akan didukung dengan sarana prasarana modern serta berbagai fitur yang memungkinkan integrasi data dan informasi. "Dengan demikian, seluruh personel pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah," jelasnya.

Tujuan dari apel ini, menurut Heri, adalah untuk memastikan kesiapan seluruh pasukan dalam mengamankan setiap tahapan Pilkada, mulai dari awal hingga akhir, hingga terpilihnya pemimpin yang baru di Kabupaten Kutai Kartanegara dalam situasi yang aman, tertib, dan nyaman. "Dengan dukungan seluruh Ketua partai politik, kita bekerjasama memberikan edukasi kepada masyarakat. Semoga masyarakat Kukar dapat memilih pemimpin yang akan membawa perubahan di Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi lebih maju dan sukses kedepannya," tuturnya.

Kapolres juga menegaskan bahwa dalam hal terjadi tindak pidana selama pelaksanaan Pilkada, koordinasi dan kolaborasi antar pilar Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) akan dilakukan untuk memastikan penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pilkada dapat dilakukan secara profesional dan transparan. "Sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten I Kukar Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Ahmad Taufik Hidayat, menyampaikan apresiasi atas persiapan yang dilakukan oleh Polres Kukar. "Pemda Kukar mendukung penuh kegiatan tersebut agar dapat berjalan dengan aman dan baik," ujar Ahmad dalam wawancara eksklusif.

Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 ini merupakan wujud nyata dari komitmen Polri dan TNI, serta seluruh elemen pemerintah dan masyarakat, untuk mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024 agar berjalan dengan lancar dan aman. Dengan kesiapan yang matang dan koordinasi yang baik, diharapkan proses demokrasi ini dapat menjadi ajang yang damai, aman, dan mencerminkan kematangan politik masyarakat Indonesia.